Apa sih work/ life balance itu?
Dan apa efeknya dalam kehidupan kita semua? Dan mengapa work/ life balance
menjadi sangat penting dalam kehidupan? Pertanyaan-pertanyaan itu pasti banyak
terlintas di pikiran kalian kan?
Work life balance menurut kamus
bahasa inggris memiliki definisi sebagai berikut:
“ The amount of time you spend
doing your job compared with the amount of time you spend with your family and
doing things you enjoy”
Ketika diterjemahkan,
keseimbangan kerja/ hidup memiliki definisi “Jumlah waktu yang kamu habiskan
untuk bekerja dibandingkan dengan waktu yang kamu habiskan dengan keluarga dan
melakukan apa yang kamu sukai”
Sebagai seorang karyawan, kita
harus mempunyai keseimbangan baik dalam pekerjaan dan kehidupan. Ini sangat penting karena hal ini menyangkut
kualitas hidup.
Berikut adalah beberapa tanda bila kita mempunyai keseimbangan dalam
dunia kerja dan dalam kehidupan.
2. Sering liburan. Orang yang sudah melewatkan waktunya untuk bekerja dari senin sampai jum at berhak untuk liburan untuk sekedar melepas lelah, refresh pikiran. Dengan adanya agenda liburan ini, kita tidak hanya mengistiratkan otak saja, tapi kita juga melepas semua beban kerja. Sehingga ketika kembali bekerja lagi, kita bisa kreatif lagi dalam bekerja.
3. Sehat secara fisik dan bathin, maksudnya dia menemukan kepuasan bathin dalam bekerja dan secara fisik dia tidak terlihat sedang stress dan tertekan dalam kehidupan pekerjaannya. Kalau ada yang bekerja kemudian sampai jatuh sakit karena beban kerja yang berat, ini berarti dia belum sehat fisik dan bathin.
4. Bekerja atau datang ke kantor lebih bersemangat. Kebayang kan ada orang yang datang ke kantor semangant banget. Hari senen nggak jadi momok menakutkan lagi dan dia memiliki energi yang tinggi untuk bekerja. Itu berarti dia telah menemukan keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadinya.
5. Bekerja lebih efisien dan efektif, artinya orang yang memiliki work/ life balance tahu bagaimana menggunakan waktunya dengan baik (efektif dan efisien) . Dan ketika jam pulang, dia sudah mengerjakan semua pekerjaannya dengan tepat waktu. Bukan berarti tidak boleh lembur. Pasti ada waktunya sekali dalam seminggu itu lembur karena banyak dedaline. Tapi bila karyawan setiap hari lembur dan pulang malam, pasti ada yang salah dengan cara dia mengatur waktunya sehingga semua tidak efisien.
6. Kreatif. Seorang karyawan dituntut untuk kreatif dan mampu menyumbangkan idenya demi kemajuan perusahaan tempatnya bekerja.
7. Banyak merencanakan waktu dengan keluarga, misal nih merencanakan makan bareng di rumah, atau mendampingin anak ketika mengerjakan pr di rumah, menonton tivi bareng pasangan atau kerja bakti membersihkan rumah bareng setiap minggu.
Kalau belum
menemukan kriteria di atas, bukan berarti kamu belum menemukan pola
keseimbangan kerja/ hidup. Bisa jadi kamu ada di pekerjaan yang salah. Kalau
sudah begini, kamu bisa menata ulang hidupmu dengan mencoba mencari pekerjaan
baru. Kamu bisa mulai browsing dan mencari pekerjaan baru. Salah satu web yang
disarankan adalah di creasi, karena banyak pilihan pekerjaan disana terutama
untuk kamu yang berjiwa muda. Web nya adalah www.creasi.co.id
Selamat mencari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar